Ramalan Jayabaya adalah salah satu karya tulis yang diyakini ditulis secara langsung oleh Raja Jayabaya. Dalam ramalan itu, telah ada ilustrasi untuk tahun 2024. Raja Jayabaya sendiri adalah raja legendaris yang berasal dari Kerajaan Kediri, Jawa Timur pada abad ke-12.

Sedangkan sumber asli dan kebenaran dari ramalan-ramalan tersebut masih diperdebatkan, mereka telah menjadi komponen penting dari kebudayaan Jawa. Ramalan ini tak jarang kali dihubungkan dengan kejadian-kejadian sejarah dan momen politik di Indonesia. Sejumlah tema lazim dalam Ramalan Jayabaya termasuk ramalan mengenai masa depan Jawa, kesejahteraan rakyat, dan nasib kerajaan. Ramalan ini tak jarang diartikan berbeda oleh orang-orang dari beraneka latar belakang dan keyakinan. Berikut review selengkapnya.

  1. Musibah Alam

Jayabaya juga meramal potensi adanya bencana alam yang betul-betul besar yang bisa melanda Indonesia, termasuk banjir bandang dan letusan gunung. Memasuki ini rupanya dengan adanya bencana banjir bandang di Madiun hingga joker gaming Bojonegoro. Diperkirakan, bencana ini bisa memunculkan kerugian yang signifikan.

  1. Pertumbuhan Ekonomi Tersendat

Salah satu ramalan Jayabaya yang terjadi di tahun 2024 adalah pertumbuhan ekonomi yang tersendat. Ramalan ini membeberkan bahwa akan ada kenaikan bahan pokok makanan, bahan bakar, serta pajak. Memasuki ini tampaknya telah terjadi untuk sebagian sektor.

  1. Zaman Terbalik

Konsep yang dinamakan sebagai “zaman terbalik” atau “zaman goro-goro” tengah menjadi sorotan sebab meliputi ketidakwajaran dalam etika-etika sosial. Prediksi ini meliputi kemungkinan perubahan pola berpakaian yang tak konvensional.

  1. Kondisi Politik Memburuk

Ada pula ramalan tentang ketegangan politik ketika Pemilu 2024 yang berkaitan dengan para calon presiden. Ramalan memperkirakan bahwa perselisihan yang terjadi di antara pejabat yang tak berkeinginan bertanggung jawab sehingga kondisinya kian tegang.