Kini Warga Venezuela-Kolombia Dapat Kembali Lintasi Perbatasan

 

Akhirnya Venezuela dan Kolombia kembali membuka seluruh perbatasan di negara mereka mulai tanggal 1 Januari 2023. Langkah ini disebutkan oleh Colombia Migration sebagai cara untuk memungkinkan lewatnya transportasi kargo dan juga penumpang dengan melalui Jembatan Internasional Tienditas.

Selama delapan tahun terakhir jembatan ini dititup, di mana hal itu dilakukan karena hubungan dari kedua negara yang buruk.

Pada akun Twitternya, Nicolas Maduro yang merupakan Presiden Venezuela menyebutkan bahwa mereka sudah menyiapkan semuanya untuk kembali meresmikan Jembatan Binasional Atanasio Girardot (Tienditas). Selain itu mereka akan terus mengambil langkah dalam menuju normalisasi perbatasan dengan Kolombia.

Kedua negara ini saat ini tengah terus berusaha untuk memajukan kesejahteraan dan juga kemakmuran dari warganya. Pembukaan kembali ini dinilai sebagai bentuk kepercayaan timbal balik dari antar negara.

Kedua negara Amerika Selatan itu membuka kembali perbatasan mereka pada bulan September di negara bagian Tachira, Venezuela barat. Hal itu terjadi, setelah hubungan politik kedua negara diperkuat di bawah presiden baru Kolombia, Gustavo Petro.

Petro dan timpalannya dari Venezuela Nicolas Maduro masing-masing menunjuk duta besar di Caracas dan Bogota.

Otoritas Kolombia mengatakan sejak September bahwa pembukaan kembali perbatasan bersama sepanjang 2.200 kilometer antara kedua negara akan dilakukan secara bertahap.

Pekan lalu, pejabat pemerintah Venezuela mengawasi infrastruktur Jembatan Tienditas.

“Kami sepenuhnya membuka kembali perbatasan antara negara kami untuk memastikan pergerakan kargo dan penumpang, serta untuk mempromosikan perdagangan dan pariwisata di Kolombia dan Venezuela, tidak hanya melalui darat tetapi juga melalui udara dan sungai,” kata Menteri Transportasi Kolombia Guillermo Reyes, Sabtu. .

Dibangun satu dekade lalu untuk menghubungkan negara bagian Tachira di Venezuela dengan provinsi Norte de Santander Kolombia, pembukaan Jembatan Tienditas telah terhambat selama bertahun-tahun oleh ketegangan antara Caracas dan Bogota.

Itu memuncak pada 2019 dengan hubungan yang rusak. Caracas memutuskan hubungan setelah pemerintah sayap kanan Kolombia mengakui anggota parlemen oposisi Juan Guaido sebagai penjabat presiden Venezuela.

Di tempat lain, orang dan barang dapat berdesakan melintasi perbatasan melalui dua jembatan di Tachira dan negara bagian barat Zulia. Penerbangan antara ibu kota Caracas dan Bogota juga telah dibuka sejak November.

Pertukaran komersial antara kedua negara bernilai sekitar US$580 juta, menurut data resmi Kolombia.