Mimpi acap kali memunculkan rasa penasaran. Biasanya orang yang berimajinasi penasaran akan makna dari mimpinya.

Mimpi adakalanya dapat mengistilahkan banyak hal, hingga para psikolog dari Amerika menerapkannya sebagai terapi pengobatan. Sebagian di antaranya telah dipublikasikan dalam situs sah American Psychological Association.

Arti mimpi bukan berarti selalu terkait dengan hal gaib dan mistis, dapat jadi ada sakit jasmani atau muatan pikiran yang sepatutnya disajikan.

Berikut merdeka.com telah merangkum mengenai arti mimpi dari perspektif psikologi dan islami dari berbagai sumber.

Arti Mimpi
Menurut James P. Chaplin, mimpi yaitu deretan tamsil dan inspirasi yang kurang lebih saling terkait dan berlangsung selama Anda tidur atau dalam keadaan dibius, ataupun ketika dihipnotis.

Mimpi yang dapat muncul judi bola online dari seluruh momen yang jadi pengalaman dan realitas hidup yang belum terjadi, tak relatif murah indra di di tempat yang jauh atau momen penting di masa lalu. Psikologi mimpi berupaya mengungkap klien dari tipe mimpi, tafsir mimpi, mutu dn gangguan tidur, serta terapi mimpi.

Menurut Imam Jafar Shadiq sepemikiran dengan Ibnu Sirin mengatakan, bahwa sebagian besar mimpi tak bermakna sama sekali. Baik itu mimpi sebagai bunga tidur ataupun mimpi yang berasal dari setan.

Sebagian kecil dari mimpi manusia memiliki nilai kebenaran. Ibnu Sirin, seorang ulama besar dari kalangan Tabiin yang terlahir di masa kekhalifahan Abu Bakar. Menurut Ibnu Sirin, mimpi yang dapat ditafsirkan yaitu mimpi yang benar atau berasal dari Allah Azza wa Jalla.

Metode arti mimpi yang dilakukan Ibnu Sirin tahun 722 M tertuang dalam karyanya yang berjudul Tabiru al-Ruya al-Shoghiir artinya Tabir Mimpi Kecil.

Arti Mimpi Menurut Sigmund Freud
Sigmund Freud yaitu bapak psikologi yang paling terkenal, sebelum Anne Sullivan dan muridnya Helllen Keller, Carl Gustav Jung, serta tokoh psikologi lain.

Bermacam teori psikolog Sigmund Freud yang masih terjaga dan menjadi dasar ilmu masih dipakai hingga sekarang. Sigmund Freud memiliki pandangan terkait dengan mimpi.

Mimpi yaitu pemenuhan harapan. Kegagalan pemenuhan kehidupan nyata dipenuhi melewati mimpi. Penampakan mimpi adakalanya tak lugas, tetapi tersembunyi, hingga pemahaman atas mimpi sepatutnya memahami isi pikiran. Sebagian simbol mimpi yaitu seks. Penafsiran isi mimpi menggunakan mitos, dongeng, lelucon, anekdot, dan cerita rakyat.

Arti Simbol Mimpi Sigmund Freud
Sebagian benda yang muncul dalam mimpi yang disuarakan oleh Freud sebagai format simbol seks, seperti:

Wanita yang memimpikan ular, menggigit pensil, air mancung, pedang, dan sebagian lain yang memperlihatkan panjang. Seorang pria yang memimpikan seks dengan wanita, dijelaskan dengan simbol rumah pacarnya yang terbuka, atau seorang perjaka yang membuka gerbang. Berikutnya mimpi tanggal atau tercabutnya gigi yang diartikan oleh Freud sebagai simbol pengebirian, hukuman onani.